Kawah Ijen

Kawah Ijen memiliki sejuta pesona untuk penikmat ketinggian kembali mengunjunginya setiap saat. Ada banyak spot – spot menarik yang di tawarkan Kawah Ijen untuk membius wisatawan yang berkunjung.

Blue Fire adalah daya tarik paling utama wisatawan untuk berkunjung kesini. Konon katanya hanya ada Blue Fire di dunia ini yaitu di Kawah Ijen ini dan di Finlandia benua Eropa.

Mendaki Kawah Ijen sangat menarik dan menantang kenapa ? Ya karena kalau kalian ingin melihat yang namanya Blue Fire harus sudah ada di puncak diantara jam 03.00 – 04.00 dini hari, itu artinya kalian harus sudah memulai pendakian dari pos masuk Paltuding maksimal jam 01.00 dini hari, masih tertarik membaca ? Lanjut …

Cara Menuju Kawah Ijen

Sebenarnya Kawah Ijen itu terlerak diantara 2 kabupaten di ujung timur pulau Jawa ini yaitu Banyuwangi dan Bondowoso dan karena akses dari Banyuwangi bisa dibilang lebih dekat maka banyak para wisatawan yang memilih jalur Banyuwangi ini untuk sampai di parkiran Paltuding atau pos masuk pendakian Kawah Ijen ini.

Untuk transportasi umum sendiri belum ada perusahaan baik swasta maupun BUMN yang melayani trayek Kawah Ijen ini. Jadi untuk para wisatawan yang mempunyai niatan untuk mengunjungi Kawah Ijen ini diharapkan untuk membawa kendaraan pribadi atau bisa sewa mobil melalui rentcar lokal yang ada di Banyuwangi.

Untuk tarif sewa dari Banyuwangi kota ke  Kawah Ijen PP berkisar diantara 600 – 900 ribu tergantung jenis mobil yang digunakan. Pilihannya ada mobil jenis Avanza Innova HiAce atau Elf Panjang kapasitas 17 orang. Silahkan pilih mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sewa Mobil

Tarif sewa mobil kecil kapasitas 5 – 6 orang seperti Avanza Xenia dan Innova adalah 600 – 800 ribu PP. Biasanya kami akan menjemput kalian di hotel tempat menginap sekitar jam 22.00 – 23.00 WIB yang selanjutnya akan kami antar ke Paltuding pintu masuk Kawah Ijen.

Selain mobil kecil ada juga kapasitas mobil yang agak besar yaitu HiAce kapasitas 14 orang dan Elf Panjang kapasitas 17 orang. Mobil tersebut cocok bagi anda yang mempunyai rombongan kecil.

Rekomendasi untuk sewa mobil di Banyuwangi adalah di Osing Trans

Sewa Tropper 4×4

Selain mobil biasa lebih cocok lagi menggunakan mobil Tropper atau 4×4 karena jalur dari Banyuwangi kota ke pos parkiran Paltuding akan terasa lebih mudah dengan mobil Tropper gardan 4×4 ini.

Untuk tempat sewa Tropper 4×4 ini bisa kalian menghubungi Osing Trans sebagai salah satu vendor penyedia jasa transportasi yang ada di Banyuwangi.

Bulan Terbaik Pendakian

Ada bulan – bulan terbaik untuk mengunjungi Kawah Ijen, kenapa kok ada bulan – bulan terbaik apakah sepanjang tahun kami tidak bisa berjungjung ke Kawah Ijen? Sebenarnya kunjungan ke Kawah Ijen itu bebas saja mau bulan apa terserah.

Namun bagi kalian yang penasaran dengan fenomena Blue Fire yang katanya hanya ada 2 di dunia maka kami sarankan untuk berkunjung pada bulan Juni sampai Oktober atau pada musim kemarau.

Biasanya pada bulan – bulan tersebut sangat mudah untuk menjumpai fenomena Blue Fire di puncak Kawah Ijen daripada bulan lainnya. So, bagi kalian yang memang mengejar Blue Fire silahkan jadwalkan ke Kawah Ijen pada bulan – bulan yang kami rekomendasikan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Kawah Ijen cukup terjangkau untuk wisatawan lokal adalah 5000 rupiah di hari biasa dan 7,500 dihari sabtu dan minggu.

Wisatawan mancanegara tiketnya

Jalur Pendakian

Jarak pendakian dari pos Paltuding atau pintu masuk Kawah Ijen sampai ke puncak itu sekitar 3,4 KM yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 – 3 jam perjalanan tergantung kondisi fisik para pendaki.

Jalur pendakian sangat jelas tidak seperti jalur pendakian gunung – gunung pada umumnya yang kurang begitu jelas. Ada banyak penambang belerang disepanjang jalur pendakian yang akan membantu kalian jika merasa capek dan akan menggunakan troli untuk mengankut kalian. Tentunya dengan ongkos yang bisa di nego dan kisaran ongkos troli di Kawah Ijen sekitar 500 – 800 untuk naik dan turun kembali.

Spot – Spot Menarik

Ada begitu banyak spot – spot yang menarik dan instagramable yang sayang kalau dilewatkan, khususnya bagi para wisatawan millenial. Dan berikut adalah spot – spot yang harus kalian kunjungi dan abadikan fotonya, jangan sampai ada yang terlewat ya.

Kawah Ijen

Ketika sampai di puncak kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa, rasa capet terasa hilang seketika sesampai di puncak. Silahkan dinikmati pemandangan puncak sambil menunggu matahari terbit yang juga sangat menarik dari ujung timur.

Blue Fire

Fenomena alama Blue Fire di Indonesia hanya bisa kalian temukan di Kawah Ijen. Jadi kalau kalian penasaran Blue Firenya Kawah Ijen silahkan sampai di puncak atas sebelum jam 03.00 biasanya pada jam – jam tersebut Blue Fire sedang aktif – aktifnya.

Sunrise Point

Nah, dari puncak naik sedikit ada spot untuk menikmati matahari terbitnya pulau Jawa. Sunrise pointnya namanya sebuah lokasi spot yang akan membawa anda menikmati Kawah Ijen sambil menikmati matahari terbit.

Penambang Belerang dan Troli

Berbicara Kawah Ijen berarti berbicara tentang para penambang belerang. Akan ada banyak para penambang belerang yang akan menemani pendakian kalian dari bawah sampai puncak. Uniknya lagi mereka tidak lagi memikul hasil cari belerangnya. Tapi mereka sudah menggunakan troli yang didorong yang biasanya digunakan untuk membantu para wisatawan baik naik maupun turun yang tidak kuat secara kondisi dfisik dengan beberapa rupiah yang ditukarkan.

Warung Pondok Bunder

Ditengah – tengah jalur pendakian ada yang namanya warung Pondok Bunder, sebuah warung yang bisa digunakan untuk melepas lelah ketika kalian ingin berisirahat sambil minum kopi teh dan makan gorengan.

Kalian bisa menenumakan warung ini beberapa saat sebelum sampai puncak.

Suhu Puncak Ekstrim

Seperti puncak – puncak gunung lainnya, puncak Kawah Ijen juga memiliki suhu yang ektrim sangat dingin. Bawalah jaket masker dan penutup kepala telinga untuk mengurangi rasa suhu dingin di puncak.

Tips Wisata ke Kawah Ijen

  • Saat yang tepat menikmati Kawah Ijen adalah dipagi hari dan jika kalian ingin menemukan fenomena alam Blue Fire di Kawah Ijen ada baiknya kalian mulai pendakian maksimal jam 01.00 dini hari.
  • Tidak disarankan bagi kalian yang mempunyai penyakit asma untuk mendaki karena bau Belerang di puncak sangat menyengat yang dapat menggangu pernafasan penderita asma selain bau suhu di puncak juga sangat ekstrim dan sangat berbahaya bagi penderita penyakit asma.
  • Berpakainlah kasual atau kain yang nyaman jangan pakai pakaian yang berbahan Levis karena akan sangat memberatkan dan terasa dingin dikulit.
  • Gunakanlah Troli penambang Belerang jika kalian tidak kuat melanjutkan perjalanan. Tarif naik berkisar 600 – 900 dan tarif turun sekitar 300 ribu.
  • Booking atau pesanlah tiket ke Kawah Ijen dijauh juah hari untuk menghindari kuota yang penuh akibat pembatasan. Atau mintalah bantuan biro perjalanan yang ada di Banyuwangi untuk memesannya.

Masih ada banyak cerita yang tidak bisa diceritakan langsung disini yang hanya bisa kalian rasakan hanya ketika berkunjung langsung ke Kawah Ijen.

Jadi, kapan kalian mau berkunjung Kawah Ijen?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *